Renungan Malam: Waktu adalah Ilusi

Salah satu ilmuwan terkenal, Albert Einstein pernah mengatakan bahwa waktu hanyalah sebuah ilusi. Di dunia ini tidak ada yang namanya waktu. Mungkin hampir semua orang bingung ketika membaca statement tersebut, begitu juga dengan saya. Namun, semakin hari saya semakin sadar bahwa apa yang dikatakan Einstein tersebut benar adanya. 

"Jika Anda mencoba untuk memegang waktu dengan tangan Anda, ia akan selalu terlepas dari jari-jari Anda," kata Julian Barbour, ahli fisika Inggris dan pengarang "The End of Time: The Next Revolution in Physics," dalam sebuah wawancara dengan Edge Foundation. Ketika pernyataan puitis itu masih bergema di dalam ruangan, Barbour dan para wartawan tersebut mungkin tidak memiliki hubungan sama sekali dengan diri mereka 1 detik sebelumnya.

Barbour percaya bahwa manusia tidak bisa menangkap waktu karena sebenarnya waktu sendiri tidak ada. Meskipun ini bukan teori baru, tapi teori ini tidak pernah sepopuler teori relativitas Einstein atau String Theory. 

Renungan Malam: Waktu adalah Ilusi
Renungan Malam: Waktu adalah Ilusi

Tidak ada yang namanya masa lalu, sekarang, ataupun masa depan. Pernahkah kita sadari, bahwa sebenarnya, ketiga hal tersebut semuanya berjalan seiringan. Tak ada yang tertinggal di belakang, ataupun berjalan lebih dulu kedepan. Semuanya beriringan. Tidak percaya?

Pernahkah teman-teman mempelajari zona pembagian waktu di seantero dunia? Saat ini, di saat saya menulis artikel ini, waktu menunjukkan pukul 00:14 Waktu Indonesia Barat (tanggal 8 Juni 2019). Sementara itu, di saat yang bersamaan, di Washington D.C., Amerika waktu menunjukkan pukul 13:14 (tanggal 7 Juni 2019). Selanjutnya, pada saat yang bersaman pula, di Wellington, Selandia Baru waktu menunjukkan pukul 05:14 (tanggal 8 Juni 2019). Sudahkah teman-teman menyadari, bahwa sebenarnya tidak ada yang namanya masa lalu, sekarang, atau masa depan? 

Semua hanyalah ilusi, teman-teman. Hanya ilusi. Ternyata, masih banyak misteri yang masih belum terkuak di alam semesta ini. Maha Suci Allah, yang telah menciptakan alam semesta ini begitu luas dan begitu sempurna. Hanya Dia-lah yang mengetahui segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, baik yang tersembunyi, maupun yang nampak. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan hamba-Nya yang mampu menyadari bahwa begitu hebatnya kekuasaan Dia, menghadirkan siang dan malam silih berganti, sebagai tanda kekuasaan-Nya. Aamiin.



REFERENSI:

Komentar